Literasi Media: Bagaimana Keadaan Budaya Literasi Media dalam Dunia Pendidikan?

Upaya Meningkatkan Literasi Media dalam Dunia Pendidikan

Pada abad ini, teknologi semakin berkembang, tetapi tidak seimbang dengan pengetahuan pengguna teknologi dalam menganalisis dan mengevaluasi informasi melalui media digital. Hal ini dapat disebabkan karena rendahnya literasi media digital dalam pendidikan di Indonesia.

Seharusnya, literasi media dan digital mulai dikenalkan sejak level dasar yang berfokus pada aspek mengakses media dan menganalisis konten media secara sederhana. Sebaiknya, sekolah sudah menerapkan pelajaran TIK (Teknologi, Informasi, dan Komunikasi) sejak sekolah tingkat dasar (SD) agar di jenjang selanjutnya pembahasan pada pelajaran TIK tidak sebatas materi teknik Informatika saja, melainkan materi tentang membedakan berita palsu, teknik membingkai ide tulisan, jurnalisme dasar, komunikasi pemasaran sederhana, dan etika menggunakan media sosial. Sebagai upaya tambahan, sekolah juga sebaiknya mengadakan program bimbingan literasi media digital yang dilakukan oleh guru teknologi informasi pada peserta didik maupun tenaga kependidikan lainnya di tingkat SMP dan SMA, misalnya sebagai kegiatan ekstrakurikuler.

Dengan literasi media digital, diharapkan agar para siswa memiliki kemampuan untuk menguasai teknologi maupun informasi di dunia digital, serta sudah fasih dalam mengakses media dan tinggal masuk ke tahap berikutnya yaitu menganalisis, berkreasi, merefleksikan, dan melakukan aksi konten digital yang bermanfaat. Adapun dengan adanya kurikulum dan program pengajaran yang baik di sekolah akan membangun generasi muda yang tidak mudah termakan hoaks, bahkan mampu melahirkan kreator media sosial yang bermanfaat di dunia maya. 


Referensi:

Ainiyah, N. (2017). Membangun Penguatan Budaya Literasi Media dan Informasi dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(1), 65–77. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i1.63

Puspito, W., D. Implementasi Literasi Digital dalam Gerakan Literasi Sekolah. Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. (Konferensi Bahasa dan Sastra II). International Conference On Language, Literature, And Teaching. ISSN 2598-0610, E-ISSN 2598-0629.


Written by:

Nabila Anissa Putrie, Undergraduate Student Chemistry Education at State University of Jakarta, 2020
 

Get Connected with Me at:

https://www.instagram.com/anissaptrn/

linkedin.com/in/nabila-anissa-putrie-a4a56b17b 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Model-Model Desain Pengembangan Pembelajaran

Cara Membuat Poster di Canva