Literasi Media: Bagaimana Keadaan Budaya Literasi Media dalam Dunia Pendidikan?
Upaya Meningkatkan Literasi Media dalam Dunia Pendidikan
Pada abad ini,
teknologi semakin berkembang, tetapi tidak seimbang dengan pengetahuan pengguna
teknologi dalam menganalisis dan mengevaluasi informasi melalui media digital.
Hal ini dapat disebabkan karena rendahnya literasi media digital dalam
pendidikan di Indonesia.
Seharusnya, literasi
media dan digital mulai dikenalkan sejak level dasar yang berfokus pada aspek
mengakses media dan menganalisis konten media secara sederhana. Sebaiknya, sekolah
sudah menerapkan pelajaran TIK (Teknologi, Informasi, dan Komunikasi) sejak
sekolah tingkat dasar (SD) agar di jenjang selanjutnya pembahasan pada
pelajaran TIK tidak sebatas materi teknik Informatika saja, melainkan materi
tentang membedakan berita palsu, teknik membingkai ide tulisan, jurnalisme
dasar, komunikasi pemasaran sederhana, dan etika menggunakan media sosial. Sebagai
upaya tambahan, sekolah juga sebaiknya mengadakan program bimbingan literasi
media digital yang dilakukan oleh guru teknologi informasi pada peserta didik
maupun tenaga kependidikan lainnya di tingkat SMP dan SMA, misalnya sebagai
kegiatan ekstrakurikuler.
Dengan literasi media digital, diharapkan agar para siswa memiliki kemampuan untuk menguasai teknologi maupun informasi di dunia digital, serta sudah fasih dalam mengakses media dan tinggal masuk ke tahap berikutnya yaitu menganalisis, berkreasi, merefleksikan, dan melakukan aksi konten digital yang bermanfaat. Adapun dengan adanya kurikulum dan program pengajaran yang baik di sekolah akan membangun generasi muda yang tidak mudah termakan hoaks, bahkan mampu melahirkan kreator media sosial yang bermanfaat di dunia maya.
Referensi:
Ainiyah, N. (2017). Membangun Penguatan Budaya Literasi Media
dan Informasi dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia,
2(1), 65–77. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i1.63
Puspito, W., D. Implementasi Literasi Digital dalam Gerakan Literasi Sekolah. Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. (Konferensi Bahasa dan Sastra II). International Conference On Language, Literature, And Teaching. ISSN 2598-0610, E-ISSN 2598-0629.
Written by:
Nabila Anissa Putrie, Undergraduate Student Chemistry Education at State University of Jakarta, 2020
Get Connected with Me at:
Komentar
Posting Komentar